Hanya di Indonesia dan India Minum Teh Pakai Gula


Mengkonsumsi teh di Indonesia bisa dibilang berbeda dari negara lain. Salah satunya dengan pemakaian bahan pemanis berupa gula.
 
"Bikin teh yang baik itu tanpa ada rasa manis untuk mengetahui karakteristik maupun aroma dari teh yang dikonsumsi. Hanya di Indonesia dan India minum teh pakai pemanis, seperti gula dan madu," kata Ratna Soemantri, Pakar Teh (tea connoseur) Indonesia.
 
Rasa manis selain gula dan madu yang kerap kali dipakai adalah susu. Susu terutama digunakan pada konsumsi teh masyarakat India. Sebenarnya, tak ada larangan bila ingin memakai pemanis bila untuk mencari variasi rasa dalam menikmati teh.
 
"Di Jepang dan China, tidak ada minum teh dengan menggunakan pemanis. Mereka menikmati tehnya, kecuali ingin variasi, tapi kalau kesehariannya teh diminum apa adanya, dengan peralatan yang khas," sambungnya.
 
Berbeda dengan Korea, yang lebih mengutamakan budaya dalam mengonsumsi teh. Mereka juga minum teh tanpa memakai gula.
 
"Teh di Indonesia itu tidak punya tempat. Dan bila ingin belajar tentang teh tidak bisa di Indonesia saja karena sejarahnya teh bukan dari Indonesia tapi dari China. Jadi kalau mau belajar, sebaiknya jangan minum satu jenis teh saja.


Sumber
Terima kasih telah membaca artikel tentang Hanya di Indonesia dan India Minum Teh Pakai Gula di blog Yang Terselubung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Rekomendasi Berita Lainnya close button