Inilah Ikan-ikan yang Memiliki Gigi Seperti Manusia

Inilah Ikan-ikan yang Memiliki Gigi Seperti Manusia

Ada dua varian ikan yang gigi-giginya mirip gigi-gigi manusia. Perlu diingat lalu bahwa gambar-gambar pada postingan tersebut boleh jadi akan menjadikan geli, bahkan jijik bagi beberapa orang. berikut akan kami bahas tentang ikan yang memiliki gigi seperti gigi manusia.

Inilah Ikan-ikan yang Memiliki Gigi Seperti Manusia Tersebut :


1. Ikan Pacu 

ikan Pacu memiliki gigi seperti gigi manusia

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Characidae
Subfamily: Serrasalminae

Pacu yaitu ikan air tawar Amerika Selatan, ditemukan di sebagian besar sungai-sungai hutan Amazon bagaikan sungai Amazon & sungai Orinoco, tetapi mereka juga telah dikembangbiakkan di beberapa negara di dunia hingga Papua New Guinea, di mana ia biasanya diperkenalkan buat membantu industri perikanan lokal.



Pacu mempunyai kekerabatan dengan piranha yang karnivora, mereka berada di subfamili yang sama adalah Serrasalminae, meskipun mereka mempunyai kebiasaan makanan yang berbeda. Piranha yaitu spesies karnivora sedangkan pacu yaitu omnivora dengan kecenderungan vegetatif. Perbedaannya yang sangat jelas terlihat dalam struktur gigi mereka. Piranha mempunyai gigi-gigi runcing setajam silet, sedangkan pacu mempunyai gigi persegi & tegak, mirip dengan gigi geraham manusia.

ikan Pacu memiliki gigi seperti gigi manusia

Pacu memakai giginya terutama buat menghancurkan kacang-kacangan & buah-buahan yang jatuh sejak pohon-pohon tepi sungai & mengambang di sungai, tapi kadang-kadang mereka juga memakan ikan beda & invertebrata. Pada beberapa kesempatan dilaporkan bahwa Pacu menyerang testis beberapa laki-laki yang sedang berenang, boleh jadi sebab menyangka itu yaitu kacang yang mengambang. sesudah mereka “mengebiri” beberapa nelayan setempat di Papua New Guinea, Pacu mendapat julukan “Ball-Cutter” atau pemotong bola. Julukan tersebut lekas menyebar ke seluruh dunia, sehingga ketika ikan Pacu terlihat di beberapa danau bagaikan di Denmark & kemudian di Washington, New Jersey & Illinois tahun lalu, kepanikan pun terjadi.

ikan Pacu memiliki gigi seperti gigi manusia

Meskipun Pacu bukan karnivora agresif bagaikan piranha, sistem rahang mereka yang menghancurkan bisa berbahaya. Seorang balita membutuhkan operasi sesudah ikan pacu menggigit jarinya di Edinburgh Butterfly and Insect World, di Skotlandia. Mengomentari insiden tersebut, manajer zoologi Deep Sea World, Matthew Kane memperingatkan, “Ikan Pacu akan coba memakan apa saja, bahkan jari anak-anak.



Pacu yaitu legal buat dimiliki di Amerika Serikat, dapat dibeli di toko-toko ikan & akuarium & mudah buat dipelihara. Masalahnya yaitu banyak pemilik akuarium nggak menyadari bahwa ikan pacu bisa tumbuh hingga 1,2 meter, yang terlalu besar buat akuarium rumah, sehingga ketika ikan pacu peliharaan mereka tumbuh terlalu besar buat aquarium ikan mereka, banyak pemilik akibatnya membuang ikan pacu di danau terdekat.

Selain Pacu, ikan Sheepshead (Archosargus probatocephalus) juga mempunyai gigi manusia tapi jauh lebih banyak.


2. Sheepshead (Archosargus probatocephalus)



Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Sparidae
Genus: Archosargus
Species: A. probatocephalus



Seekor sheepshead dewasa mempunyai gigi “seri” (karena di depan rahang), & gigi geraham yang diatur dalam tiga baris di rahang atas & dua baris di rahang bawah. Mereka juga mempunyai seperangkat gigi penghancur di bagian belakang rahang, yang sangat penting buat menghancurkan cangkang mangsanya. bagaikan manusia, kombinasi unik sejak gigi-gigi tersebut menjadikan sheepshead dapat memangsa apa saja (omnivora) mulai sejak berbagai vertebrata , invertebrata & beberapa material tanaman.



 Bagai mana wujud ikan tersebut, mengerikan bukan? bayangkan jika ada di piring anda :D
Terima kasih telah membaca artikel tentang Inilah Ikan-ikan yang Memiliki Gigi Seperti Manusia di blog Yang Terselubung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Rekomendasi Berita Lainnya close button