Inilah 8 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat dan Cara Penanganannya


Perkembangan teknologi dalam ilmu medis telah memberikan sejumlah kontribusi positif terhadap peradaban manusia. Salah satunya yaitu rangkaian temuan terkini serta canggih di industri kecantikan.

Meskipun telah hadir rangkaian penemuan yang mampu “menyulap” kulit wajah yang kasar & berjerawat menjadi kencang serta awet muda. Namun, usaha & uang yang kamu keluarkan bakal berakhir sia-sia, apabila masih saja menerapkan gaya hidup yang nggak seimbang & nggak sehat.

Seperti yang diutarakan oleh Dr Sadhana Deshmuk, Dermatologist, timbulnya jerawat sebetulnya dampak sejak sejumlah kebiasaan buruk yang kamu lakukan sehari-hari yang mengakibatkan kulit jadi kotor & berkomedo.

Komedo merupakan kelenjar lemak pada wajah yang memproduksi minyak, ketika kandungan ini tinggi, maka kemungkinan besar akan menimbulkan jerawat.

Berikut Beberapa Penyebab Utama Timbulnya Jerawat dan Cara Penanganannya :


1. Cuci rambut secara teratur 
Pasti kamu berpikir, apa interaksi antara kulit kepala & kulit wajah? Ternyata, erat kaitannya!

Kulit kepala yang berketombe mengakibatkan rambut jadi kotor. Oleh sebab rambut terletak sangat dekat dengan wajah, akibatnya sering terjadi sentuhan yang menjadikan wajah terpapar ketombe. Sehingga kulit di bagian wajah “tertular” menjadi kotor & kusam. Maka sejak itu, usahakan buat rutin merawat rambut agar sehat & bersih. keliru satunya yaitu dengan mencuci rambut secara teratur. Apabila memungkinkan lakukan setiap hari.

2. Jangan berbagi handuk
Berbagi handuk yaitu pelanggaran utama pada anggaran basic kebersihan tubuh. Usahakan buat nggak menggunakan handuk orang beda selagi mengeringkan tubuh & wajah. Sebab, apabila teman kamu berjerawat atau mempunyai penyakit kulit menular lainnya, dipastikan potensi kamu tertular sangatlah tinggi.

3. Jangan mencapai daerah yang berjerawat dengan tangan
Saat jerawat dalam fase matang, hindarilah mengusap atau mencapai bagian wajah yang berjerawat dengan tangan. Pasalnya tangan kamu belum tentu bersih sepanjang waktu. Sebab, tanpa disadari, telapak tangan kita pastinya sering mencapai macam-macam benda yang diragukan unsur kebersihannya. Menurut sebuah studi, kuman & kotoran lebih banyak melekat di telapak tangan.

Selain itu, jangan coba-coba memaksa jerawat buat pecah dengan tips dipencet. Sebab, tips tersebut bisa membuatnya semakin radang & membesar.

4. Hormon nggak seimbang
Faktor-faktor bagaikan ketidakseimbangan hormon bisa mengakibatkan jerawat hadir semakin banyak. Pemicu timpangnya kadar hormon pada seorang perempuan yaitu kehamilan, menopause, & keluhan hormon lainnya.

5. Stres & beban pikiran
Stres yaitu alasan sejak sejumlah gangguan yang menjadikan permasalahan pada kulit semakin parah. Meskipun interaksi antara kondisi stres & kehadiran jerawat masih diperdepatkan hingga sekarang, tetapi nggak sedikit penelitian yang membuktikan bahwa selagi seorang perempuan stres & merasa tertekan, peningkatan kuantitas jerawat pada wajah bergulir pesat.

6. Orang dewasa juga dapat jerawatan
Remaja yaitu target paling strategis buat “perkembangbiakkan” jerawat. Namun, bukan artinya mereka yang telah menginjak usia matang imun terhadap jerawat. Sebaliknya, sebagian kecil sejak mereka justru masih berjerawat sebab malas membersihkan wajah. Sangat disayangkan, bukan?

7. Membersihkan kotoran dengan air putih
Air mineral mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, & bisa menjaga kelembaban kulit. Maka sejak itu, konsumsilah air putih sinkron anjuran ahli kesehatan, yaitu dua liter atau lebih kurang delapan gelas dalam satu hari.

8. Tidur malam delapan jam
Sudah bukan misteri lagi, bahwa istirahat & tidur malam yang cukup bisa membuat kulit wajah terlihat lebih segar. Menurut Dr Preeti Devnani, ahli Neurologi, selagi kita tertidur, sel-sel kulitw di wajah mengalami regenerasi atau preremajaan kulit & menangkal penuaan dini.

Ketika tidur malam kamu kurang, maka proses regenerasi tersebut nggak berjalan sempurna, atau bahkan sama sekali nggak beregenerasi.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Inilah 8 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat dan Cara Penanganannya di blog Yang Terselubung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Rekomendasi Berita Lainnya close button