Inilah Beberapa Tempat yang Matahari Tidak Terbenam

Kalau kita ingin melihat sinar matahari yang tak kunjung terbenam, maka pergilah ke utara! Seberapa jauh ke utara? Cobalah ke kawasan Lingkar Arktik (Lingkar Kutub Utara) atau berjalanlah ke selatan menuju Lingkar Kutub Selatan Circle!


Selama musim panas, matahari nggak terbenam di atas Lingkar Kutub Utara. Bahkan, kenyataan tersebut yaitu yang membantu kita buat mendefinisikan apa yang disebut dengan Lingkar Arktik. bagaikan garis khatulistiwa, Lingkar Arktik juga yaitu garis imajiner. Didefinisikan selaku lintang di mana matahari nggak terbenam pada hari titik kembali matahari musim panas (biasanya kisaran 21 Juni).

Utara sejak Lingkaran Arktik, periode sinar matahari konstan berlangsung sampai enam bulan dalam setahun di Kutub Utara. Hal sebaliknya juga berlaku buat setengah tahun yang lain. Diatas Lingkaran Kutub Utara, matahari nggak pernah terbit pada hari titik kembali matahari musim dingin (biasanya kisaran 21 Desember). Bayangkanlah bagaimana kalau kita tinggal di suatu tempat di mana selalu siang selama setengah tahun & selalu malam buat setengah tahun berikutnya?



Ada beberapa negara dengan daerah di dalam atau berbatasan dengan Lingkar Arktik. Banyak orang menyebut daerah tersebut dengan sebutan “Daerah Matahari Tengah Malam” sebab di musim panas matahari sering terlihat lewat tengah malam. Beberapa daerah tersebut meliputi bagian-bagian paling utara sejak Kanada, Greenland, Finlandia, Norwegia, Swedia, Rusia, Alaska & Islandia.

Jika kamu benar-benar mencintai matahari, kamu boleh jadi ingin berlibur selama liburan musim panas ke Svalbard, Norwegia. Matahari nggak terbenam di sana sejak kisaran tanggal 19 April hingga 23 Agustus setiap tahun!

Fenomena tersebut terjadi sebab bumi sedikit miring pada porosnya kisaran 23,5 derajat. tersebut artinya bahwa matahari cuma terbit & terbenam sekali setiap tahun di daerah kutub-kutub bumi, baik utara maupun selatan.



Tentu saja, kenyataan tersebut nggak cuma terbatas pada daerah utara. kenyataan juga terjadi di daerah selatan dekat Lingkar Antartika. Namun, nggak ada pemukiman manusia permanen di dekat Lingkar Antartika, sehingga sangat sedikit orang yang mengalami kenyataan tersebut disana.

Lingkar Antartika


Orang-orang yang tinggal di daerah tersebut akibatnya terbiasa dengan konstannya sinar matahari/ konstannya kegelapan buat waktu yang lama. Pendatang baru atau pengunjung, sering merasa sulit buat menyesuaikan & boleh jadi akan mengalami kesulitan tidur, terutama ketika matahari bersinar sepanjang malam.


Berikut foto-foto dimana matahari tak jadi terbenam


Nordkapp, Margeroi Island, Norway



Di Teshekpuk Lake, Alaska



Midnight Sun di Lofoten, Norway



Dan gambar gif tersebut & video diatas sejak Fairbanks, Alaska



Bagi Muslim, tentu bertanya-tanya bagaimana waktu shalat & Puasa di daerah-daerah bagaikan ini? Ya, itu diperlukan fatwa & kesepakatan para Ulama. KESEPAKATAN, sebuah kata yang jarang terdengar belakangan tersebut
Terima kasih telah membaca artikel tentang Inilah Beberapa Tempat yang Matahari Tidak Terbenam di blog Yang Terselubung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Rekomendasi Berita Lainnya close button