Inilah Beberapa Manfaat Berpuasa yang Perlu Anda Ketahui


Beberapa Manfaat Berpuasa yang Perlu Anda Ketahui - Saat bulan puasa tiba, kebanyakan orang menyambutnya dengan suka cita. Rasa kerinduan akan kehangatan dan suasana Ramadan memang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Ramadan yang terjadi tiap tahunnya, bukanlah sembarang bulan berpuasa. Menurut ‘Ramadan Healthy Guide’ yang dirilis oleh nhs.com, setidaknya terdapat 5 manfaat puasa. Apa saja?

1. Meningkatkan keimanan

Berpuasa akan menolong Anda mengurangi nafsu dan kemauan secara fisik dan menggantinya dengan fokus lebih pada iman. Ketika Anda tidak sibuk dengan nafsu duniawi, puasa membantu Anda mempertebal keimanan dengan mengisi waktu puasa dengan beribadah.

2. Gaya hidup yang lebih sehat

Puasa di bulan Ramadan mengajarkan umat untuk menahan diri, dan memungkinkan kita secara bijak dan disiplin tidak memberikan jawaban atas apa yang tubuh kita inginkan secara duniawi. Lewat puasa, umat diajarkan untuk lebih menghargai makan.

Di dalam kitab suci Alquran ‘makanan sehat’ diumpamakan juga sebagai konsumsi terbaik manusia. Maka dari itu, puasa memberi kesempatan pada umat agar dapat lebih pintar dalam mengonsumsi makanan. Dalam puasa, umat dianjurkan mengonsumsi ‘makan sehat’ saat berbuka dan sahur.

3. Belas kasih dan amal

Dalam puasa, Anda bukan hanya memikirkan diri Anda seorang, namun pikirkanlah saudara-saudara kita di luar sana yang kelaparan dan membutuhkan. Terdapat banyak orang yang mungkin mempunyai makan saat sahur namun kebingungan saat berbuka karena tidak mempunyai uang untuk beli makan.

Nabi Muhammad SAW mengilustrasikan Ramadan sebagai ‘bulan penuh rahmat’. Para sahabat Nabi mengutarakan jika Nabi adalah pribadi yang sangat dermawan, kedermawanannya bahkan meningkat ketika Ramadan. Ada baiknya Anda mencontoh pribadi Nabi dengan saling berbagi kepada yang membutuhkan.

4. Semangat kebersamaan

Selama Ramadan, orang yang berpuasa diharapkan dapat lebih merasakan dan memerhatikan kesejahteraan bersama, kesejahteraan masyarakat atau komunitas, yang kaya dan yang miskin, yang berpendidikan dan tidak.

Semangat kebersamaan dapat dilaksanakan dengan cara buka bersama dan beramal. Keharuan serta kebersamaan saat buka bersama komunitas akan mempertebal solidaritas. Maka, dari itu sangat dianjurkan bagi umat untuk mengundang sanak saudara saat berbuka.

5. Tidak bersemangat saat puasa tidak afdol

Absennya asupan gizi dan nutrisi selama siang hari memang menyebabkan tubuh Anda melemah. Anda akan cenderung bermalas-malasan saat puasa. Ramadan mengajarkan Anda dengan bijak mengusir kebiasaan buruk tersebut dan menggantinya dengan kesabaran dan kedisiplinan.

Sekali lagi, puasa Ramadan bukan sekedar menahan diri dari lapar dan haus akan makanan dan minuman, tetapi juga menahan diri dari berkata kotor dan berperilaku tidak sopan. Maka, dengan berpuasa Anda diharapkan dapat menjadi diri yang lebih baik lagi.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Inilah Beberapa Manfaat Berpuasa yang Perlu Anda Ketahui di blog Yang Terselubung jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Rekomendasi Berita Lainnya close button